Serba-serbi Masalah Alergi Anak yang Harus Anda Ketahui

Advertisement
Banyak orang tua yang belum sepenuhnya memahami alergi yang dialami oleh buah hati mereka. Sebenarnya alergi ini adalah gangguan imunitas yang umum diderita. Jika secara umum, alergi ini merupakan reaksi kekebalan yang menyimpang dari normal serta bisa menimbulkan gejala yang merugikan tubuh. Alergi bisa disimpulkan sebagai reaksi tubuh yang abnormal. Alergi ini terjadi karena tubuh memberikan reaksi dengan berlebihan pada sebuah lingkungan yang dianggap berbahaya dan asing. Jadi jangan sampai masalah alergi anak sering dianggap sebagai hal biasa bagi para orang tua.

Pemicu dari alergi disebut dengan allergen. Alergi dapat berbentuk bermacam-macam mulai dari debu, bulu binatang, hingga makanan tertentu seperti kacang-kacangan dan telur. Ketika allergen menyentuh tubuh, sentuhan ini bisa masuk ke tubuh dan sistem kekebalan tubuh akan memproduksi sejenis protein sehingga menyebabkan reaksi yang kurang wajar. Ada berbagai macam jenis alergi yang sering terjadi seperti alergi makanan, alergi obat, alergi latex, alergi bulu binatang, alergi racun serangga, alergi musiman, alergi zat kimia tertentu dan yang lainnya.
Ilustrasi. Photoright: PublicDomainPictures / pixabay.com
Anak yang memiliki bakat alergi disebut dengan atopic, mereka mudah mengalami alergi. Si kecil memiliki resiko lebih besar terkena alergi bila memiliki riwayat keluarga karena alergi dapat diturunkan dengan cara genetik dari ibu, kakek, nenek, ayah dan anggota keluarga lainnya. Tahukah Anda bila ada beberapa faktor yang dianggap berkaitan dengan munculnya alergi ini seperti infeksi, allergen, aktivitas fisik.

Berikut beberapa faktor pemahaman alergi pada anak tersebut, antara lain:
  1. Gangguan yang berasal dari dalam tubuh. Gangguan ini seperti usus, lapisan saluran pernapasan, kulit,
  2. Faktor lingkungan seperti terpapar asap rokok, polusi udara hingga pentilasi yang kurang baik,
  3. Anak yang sering terkena infeksi atau memperoleh imunisasi ini malah jarang mengalami alergi,
  4. Faktor genetika yang disebabkan oleh daya tahan tubuh yang kurang normal. Bila Anda bingung dalam menentukan gejala alergi yang muncul pada buah hati adalah indikasi alergi atau penyakit yang lain, lebih baik Anda segera melakukan konsultasi dengan dokter.

Advertisement

Post a Comment