6 Pertimbangan Penting Dalam Memilih HP/ Ponsel

Dengan semakin berkembangnya teknologi, pertumbuhan produsen ponsel pun juga turut maju pesat. Berbagai merek ponsel pun bermunculan, dengan merek yang sudah ada juga terus memperbarui teknologi mereka. Ya, sudah tidak menjadi rahasia lagi bila saat ini pasar dibanjiri dengan begitu banyak model HP dengan fitur beraneka ragam dari merek dalam mapun luar negeri.

Tentu saja ada plus dan minusnya, bagi orang awam tentu tak begitu ambil pusing, meskipun juga perlu mempertimbangkan beberapa hal ketika ingin memilih HP untuk kebutuhan sehari-hari. Menurut saya, setidaknya ada enam pertimbangan dalam memilih ponsel, yaitu:

1. Harga


Harga merupakan pertimbangan utama bagi seseorang sebelum membeli sebuah HP, wajar saja, karena kondisi keuangan seseorang kadang terbatas sehingga pertimbangan harga harus disesuaikan dengan keuangan yang ada. Kecuali bagi mereka yang memang mempunyai keuangan berlebih, tentu saja harga tak jadi masalah.

2. Fitur HP


Fitur sangatlah penting, apalagi seperti jaman sekarang yang begitu mementingkan manfaat sebuah ponsel. Semakin canggih fiturnya maka harga biasanya semakin mahal. Makanya merek tak lagi nomor satu ketika orang mengejar fitur, karena biasanya ponsel dari merek terkenal biasanya harga lebih mahal, meskipun fiturnya sama.

3. Kualitas


Ponsel yang awet tentu yang diinginkan, oleh sebab itu dalam memilih ponsel juga harus selektif. Jangan mudah tergiur harga murah, apa gunanya barang murah tapi cepat rusak?. Saya tidak menyebut merek, tapi bisa Anda cari referensi ponsel yang berkualitas dan dengan harga terjangkau sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

4. Garansi resmi


Tidak ada yang menginginkan ponsel yang mereka miliki mengalami kerusakan, tapi tidak ada yang berani menjamin 100% bahwa tidak akan pernah terjadi gangguan pada alat komunikasi tersebut. Oleh sebab itu, garansi penting dimiliki sebuah HP, khususnya lagi garansi resmi. Banyak saat ini ponsel yang bukan produk asli, dank arena hal tersebut maka garansi yang diberikan pun juga bukan garansi resmi. Perlu berhati-hati saat membeli HP, pastikan garansi yang diberikan adalah garansi resmi.

5. Tampilan fisik HP


Tampilan fisik yang saya maksud adalah desain dan kenyamanan dalam menggunakannya. Setiap usia tentu tidak sama kemampuan menggunakan sebuah ponsel. Saat ini banyak ponsel yang desainnya ramping dan berlayar lebar, tapi bagi orang tua kadang malah kesulitan menggunakan model tersebut. Perlu penyesuaian antara model dan kenyamanan penggunanya.

6. Merek 


Saat ini saya menggunakan HP dengan merek Xiaomi, lebih tepatnya Xiaomi Redmi 2 Prime, yang merupakan pengembangan dari tipe sebelumnya, Redmi 2. Belum lama saya memiliki HP Xiaomi tersebut, kurang lebih pada bulan Juni 2016 kemarin. Saya membeli ponsel tersebut dari toko online blibli.com, karena saat ini untuk mendapatkan HP Xiaomi dengan garansi resmi TAM hanya bisa diperoleh dari toko atau distributor tertentu. Saat ini, sepengetahuan saya untuk distributor resmi Xiaomi di Indonesia Era Jaya dan Trikomsel.
HP Xiaomi Redmi 2 Prime
Xiaomi Redmi 2 Prime
Kenapa saya memilih Xiaomi? Sebenarnya semua berawal dari ketidaksengajaan, saat saya membaca-baca artikel yang membahas tentang HP merek ini, saya merasa tertarik. Selain itu, sudah banyak yang merekomendasikan, penggunanya juga sudah banyak meskipun belum ada iklan yang muncul di media televisi. Menariknya lagi, sudah ada kelompok pengguna HP ini dengan nama MI Fans.

Lalu, alasan saya membeli dari toko online adalah untuk praktisnya saja, karena lebih mudah dan tidak perlu repot muter-muter cari HP garansi resmi. Saya membeli langsung ke blibli.com, artinya barang disediakan dan dikirimkan oleh blibli.com, bukan toko lainnya. Karena memang ada banyak pilihan disana, tinggal cek saja garansi yang diberikan, garansi resmi TAM atau garansi distributor.

Nah, itu tadi enam pertimbangan yang menurut saya perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli sepuah telepon genggam. Masih banyal pertimbangan lain, Anda bisa sesuaikan dengan apa yang dikehendaki. Intinya bahwa kita merasa puas dan nyaman dalam memiliki serta mempergunakan sebuah ponsel. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Post a Comment