Pengertian Toko Online dan Salah Satu Contohnya

Belanja merupakan kebutuhan bagi setiap orang, entah itu kebutuhan primer maupun keperluan sekunder. Kalau jaman dahulu orang belanjanya ke toko atau ke pasar, tapi dalam perkembangannya semua mulai berubah. Sekarang serba mudah, tak perlu lagi pergi kemana-kamana sekedar untuk memenuhi kebutuhan. Ya, sekarang orang bisa dengan mudah berbelanja dengan keberadaan toko online.

Lalu, apakah toko online itu?  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), toko adalah kedai berupa bangunan permanen tempat menjual barang-barang (makanan kecil dan sebagainya). Sedangkan menurut wikipedia, online atau daring adalah menunjukkan keadaan konektivitas, dalam hal ini tentu saja saat terhubung dengan internet.

Jadi, dari dua kata diatas bisa disimpulkan bahwa toko online adalah sebuah toko yang menjual barang-barang yang direalisasikan dalam tampilan sebuah website yang dapat diakses saat terhubung dengan jaringan internet.
Kalau disimpulkan secara garis besarnya, perbedaan antara toko online dan konvensional adalah terletak pada tempat penjualannya dan juga cara transaksinya. Bila toko konvensional semua barang dagangan dipajang nyata, kalau toko online hanya terpasang contoh gambar dan spesifikasinya. Metode pembayaran juga sedikit berbeda, kalau toko online pembayaran lewat transfer, kalau konvensional biasanya menggunakan uang tunai.

Nah, dari gambaran yang sudah saya berikan tersebut, kiranya sudah bisa Anda simpulkan pengertian beserta perbedaan antara toko online dan toko konvensional.

Salah satu contoh toko online yang pernah saya gunakan


Mungkin orang sekarang ini dimanjakan dengan semakin menjamurnya toko di dunia maya ini, banyak iklan muncul diberbagai media, mulai online shop lama hingga yang baru saja memulai usahanya. Bagus memang, karena semakin menambah pilihan bagi para konsumen. Tapi perlu diingat, bagi konsumen pelayanan itu penting, jangan sampai merasa kecewa karena salah dalam memilih tempat belanja.

Dari sekain banyak toko online yang tersebar diseluruh dunia, salah satu contoh toko online yang bisa Anda kunjungi adalah blibli.com. Kenapa online shop tersebut yang saya contohkan? Karena memang sudah beberapa kali saya melakukan transaksi belanja disana, dan dari pengalaman saya tersebut akhirnya saya beranikan diri untuk mereferensikan untuk Anda. Jujur saja, sebelum saya melakukan transaksi belanja di blibli.com pernah juga belanja online di online shop yang lain, hanya saja di blibli.com lah saya merasa paling nyaman.
Ada banyak hal yang saya suka di blibli.com, mulai dari barang yang lengkap, banyak promo menarik, barang bisa dikembalikan bila tidak sesuai, hingga proses transaksi yang mudah. Tapi, hal yang paling saya suka dari blibli.com adalah ongkos kirim yang gratis, sungguh, karena di blibli.com gratis pengiriman ke seluruh Indonesia. Contoh yang pernah saya alami adalah saat beli pelindung HP yang harganya hanya dua puluh ribu rupiah, dengan biaya kirim Jakarta-Purbalingga yang relative mahal dengan JNE, nyatanya tetap gratis ongkos kirimnya.

Mungkin di toko online lain juga sama, promosinya ongkos kirim gratis, tapi ternyata hanya untuk wilayah Jabodetabek saja, atau dengan minimal pembelanjaan tertentu. Oleh karenanya perhatikan sungguh-sungguh sebelum menentukan pilihan. Bagaimanapun juga ongkos kirim nilainya cukup besar, hitungannya setiap 1 kg, bisa-bisa menambah pengeluaran kalau sampai ada ongkos kirimnya.

Nah, dengan semakin berkembangnya teknologi, jangan sampai tertinggal, cobalah untuk bertransaksi belanja secara online. Kalau masih bingung, kunjungi saja online shop yang saya contohkan diatas, sudah beberapa kali saya berbelanja disana, dan hingga saat ini saya merasa puas dengan layanan dan metode transaksinya. Demikian tadi pengertian toko online dan salah satu contoh toko online terbaik di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Post a Comment