Memilih Tempat Wisata Untuk Liburan Dengan Persiapan Yang Baik

Libur panjang hari raya Idul Fitri sudah selesai, aktivitas sudah kembali normal, orang-orang kembali pada rutinitas mereka kembali. Bekerja bagi yang bekerja, sekolah bagi mereka yang masih berada dibangku pendidikan.

Libur panjang tentu memberikan kesan yang berbeda-beda, ada yang terjebak macet, ada yang tidak kemana-mana, ada yang bahagia dengan pengalaman berwisata. Apapun itu, tentu saja meninggalkan kesan, baik atau buruk.

Bagi yang berwisata, tentu bahagia, dengan banyak pengalaman. Saya sendiri tidak pergi berwisata saat liburan kemarin, malas saja, meski pun ada tawaran wisata bersama para pemuda di desa saya, tujuannya ke Pantai Baron dan Pantai Indrayanti di Gunungkidul, Yogyakarta.
Memilih Tempat Wisata Untuk Liburan
Memilih tempat wisata untuk liburan tentu tidak mudah, butuh berbagai pertimbangan. Berikut ini beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan sebelum pergi ketempat wisata, yaitu:

1. Keuangan yang cukup


Uang menjadi faktor yang paling penting dalam menjamin kenyamanan saat melakukan perjalanan wisata. Bagaimana tidak? Mulai berangkat sampai pulang kembali semua perlu uang, baik untuk biaya transportasi, masuk ke tempat wisata, konsumsi, dan keperluan lainnya. Tentu saja pengecualian untuk perjalanan wisata yang sudah dijamin semuanya oleh sponsor atau fihak lain.

2. Memilih waktu yang tepat


Merencanakan waktu untuk liburan sangatlah penting, perlu diingat bahwa pertimbangan waktu menjadi salah satu faktor yang bisa menjamin kenyamanan, misalkan saja untuk perjalanan ketempat wisata yang jaraknya jauh perlu waktu yang lama, jangan sampai ketika tiba ditempat wisata tidak bisa menikmati karena badan sudah lelah atau waktu libur sudah habis.

Perhatikan waktu wisata yang sesuai, cuaca menjadi penting saat berwisata. Contohnya dulu saya dan teman-teman sekolah pernah wisata ke Bali, tapi sesampainya disana saat sedang musim penghujan, jadi kami tak bisa menikmati sunset maupun sunrise karena cuaca tidak mendukung, padahal kami sudah melakukan perjalanan yang sangat jauh. Tak banyak yang bisa kami ceritakan mengenai keindahan pantai di Bali karena kami terkendala oleh cuaca yang tidak mendukung.

3. Dengan siapa akan pergi berwisata


Mempersiapkan diri dengan mempertimbangkan dengan siapa jalan-jalan akan dilakukan, karena ini bisa berpengaruh terhadap persiapan, utamanya pada persiapan barang bawaan atau keperluan lainnya. Tentu akan berbeda persiapannya ketika pergi bersama dengan keluarga dan dengan teman kerja atau kawan sekolah.

4. Sesuaikan dengan selera


Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda pada obyek wisata, ada yang suka dengan pemandangan alam, pantai, gunung, kebun, dan lain sebagainya. Bila berwisata adalah inisiatif Anda sendiri, sesuikan lokasi dengan keinginan Anda, jangan hanya terpengaruh oleh cerita orang. Takutnya akan timbul penyesalan bila tempat wisata tersebut tidak sesuai dengan harapan Anda.

Dengan memperhatikan berbagai macam pertimbangan yang ada, kiranya bisa membuat suasana saat wisata menjadi lebih menyenangkan, jangan sampai malah terbebani dengan pikiran atau masalah yang tiba-tiba muncul akibat kurangnya persiapan.

Apa yang saya sampaikan diatas adalah berdasarkan pendapat saya, setiap orang tentu memiliki pandangan yang berbeda-beda. Namun, apapun itu, menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi tempat wisata akan lebih berkesan bila kita memiliki persiapan yang baik. Out put dari jalan-jalan atau wisata adalah memberi dampak positif, bukan malah sebaliknya. Jangan sampai rugi uang, waktu dan tenaga karena kurang persiapan.

Advertisement

Post a Comment