Peluang Usaha Produksi Dan Berjualan Kue Kering

Saat ini sebagian umat muslim di Indonesia sudah mulai mempersiapkan diri untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan, maklum saja, bulan yang juga biasa disebut dengan bulan puasa ini akan segera datang, perkiraan tanggal 6 Juni sudah mulai masuk bulan Ramadhan. Seperti biasanya, setiap Ramadhan hingga Idul Fitri banyak sekali kebutuhan yang dicari, memang seperti ini setiap tahunnya, wajar bila harga-harga kebutuhan bahan pokok hampir selalu naik saat mendekati bulan puasa.

Momen Ramadhan dan Idul Fitri banyak dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya. Salah satunya adalah dengan membuka usaha dibidang makanan, karena memang banyak makanan yang dicari untuk memenuhi kebutuhan saat puasa maupun lebaran. Usaha yang begitu prospektif adalah produksi dan penjualan kue kering. 

Kenapa kue kering? Karena memang jenis makanan ini paling banyak dicari oleh ibu-ibu khususnya, untuk sekedar hidangan dirumah mapun sebagai oleh-oleh. Wajar saja bila kue kering lebaran menjadi yang paling mudah dijumpai saat kita bersilaturahmi ke sanak family maupun tetangga. Ini bisa dijadikan gambaran betapa kue kering begitu prospektif untuk serius digeluti sebagai bisnis, apalagi saat mendekati bulan puasa dan lebaran.
Peluang Usaha Produksi Dan Berjualan Kue Kering
Aneka Kue Kering di blibli.com
Sudah banyak orang yang memulai, contoh nyatanya adalah banyaknya penjual aneka kue lebaran di toko online, dalam hal ini seperti yang terlihat di blibli.com, dimana mereka menawarkan bermacam kue dengan harga bervariasi dan banyak potongan harga juga. Bagi sebagian orang, berbelanja kebutuhan lebaran di toko online memang masih belum terbiasa, banyak timbul ketakutan, kuatir kalau hanya penipuan saja. Wajar memang, karena sudah banyak kasus penipuan dengan modus jual beli secara online.

Tapi, kalau boleh saya sampaikan, berdasarkan pengalaman saya berbelanja di blibli.com, semua transaksi yang saya lakukan semua berjalan aman, barang sampai di tangan sesuai dengan pesanan saya. Menariknya lagi, tidak ada biaya pengiriman, jadi tidak ada tambahan biaya lagi. Keuntungan ini belum tentu diberikan di online shop lain, karena beberapa toko online tetap mengenakan biaya pengiriman sehingga total biaya untuk berbelanja jadi bertambah banyak.

Jadi, bagi yang ingin mempersiapkan aneka kue lebaran, belanja saja secara online, mumpung sekarang ini masih banyak pilihan dan harga sedang ada potongan. Bukan apa-apa, barang atau makanan yang dijual di toko online tentu juga punya keterbatasan jumlah, bila sudah dibeli orang, bisa saja penjual kehabisan stok barang.

Kembali pada peluang usaha kue kering untuk lebaran, mumpung saat ini masih lumayan jauh dengan Idul Fitri, tidak ada salahnya memulai usaha dari sekarang. Memang sudah banyak yang menggeluti bisnis ini, namun dengan sedikit kreatifitas akan menjadi pembeda dengan produk kue kering yang sudah banyak beredar di pasaran saat ini. Seperti yang saya baca dari portal berita online, seorang perempuan asal Bandung bernama Aisyah memproduksi kue kering dengan menonjolkan penampilan kue, yaitu dengan bentuk tokoh kartun, semisal Naruto, Angry Birds, Sponge Bob, Patrick, dan tokoh kartun yang lainnya. 

Tidak kalah kreatif fari Aisyah adalah seorang pengajar di Jogja yang bernama Nur Wahyuni berhasil memadukan antara kue kering dan motif batik, maksudnya  adalah kue kering yang bermotif batik. Hal semacam ini bisa menjadi gambaran bahwa kreatifitas itu diperlukan dalam rangka menghadapi persaingan usaha. Membaca dan memanfaatkan peluang itu sangatlah penting, membuka usaha memang butuh keberanian, tak terkecuali untuk memulai usaha membuat dan menjual kue kering.

Apapun itu, kebutuhan berhari raya memang perlu untuk dipersiapkan, tapi yang lebih penting adalah substansi dari ibadah itu sendiri. Sudahkah Anda persiapkan kebutuhan untuk lebaran nanti?. :)

Advertisement

Post a Comment