Jenis dan Perilaku Bullying dan Dampak Bully di Media Sosial

Pagi tadi saya merasa agak direpotkan dengan banyaknya mention di twitter, masalahnya sederhana, saya berkomentar di sebuah twit dari akun @panditfootball. Sebenarnya hanya sekedar menanggapi twit mengenai hasil pertandingan antara Leicester City vs Swansea City. Pertandingan itu sendiri berakhir dengan skor 4-0 untuk kemenangan Leicester City. Permasalahannya muncul ketika saya menanggapi twit tentang kemenangan yang di raih Leicester tanpa tampilnya beberapa pilar, termasuk Vardy.

Entah kenapa, komentar saya yang biasa-biasa saja itu ditanggapi dengan serius oleh puluhan orang yang mungkin saja pendukung Leicester. Mungkin mereka tidak terima klub mereka direndahkan, padahal tidak ada kata-kata yang merendahkan. Bisa jadi mereka sedang emosi. Saya tidak ambil pusing, saya tanggapi, saya klarifikasi terkait komentar saya tersebut. Karena memang tidak ada maksud meremehkan.

Sebuah pengalaman berharga, dimana sebuah komentar bisa menimbulkan efek yang sedemikian hebat. Tapi tidak apa-apa, ternyata tidak semua orang bisa menerima kenyataan, tidak semua pendukung klub sepak bola punya jiwa besar. Memang saat ini Leicester sedang naik daun, sedang menjadi buah bibir, tapi bukan berarti antikritik, bukan? Para pendukungnya harus bangga dan siap menerima kritik, kalau ada yang tidak suka atau meragukan, harusnya bisa diterima.
Jenis dan Perilaku Bullying dan Dampak Bully di Media Sosial Twitter
Bukan saya saja yang pernah mengalami bully, sudah banyak kabar mengenai perlakuan tidak menyenangkan ini. Banyak dampak yang ditimbulkan, terutama dampak negatif yang berpengaruh terhadap diri seseorang.

1. Merasa Terancam
Saat di bully, orang akan merasa terancam, tidak tenang dan merasa banyak musuh. Hal ini bisa menimbulkan dampak buruk dan dapat berpengaruh terhadap psikologi seseorang.

2. Tidak nyaman
Apapun alasannya, saat di bully maka orang akan merasa tidak nyaman. Ada rasa was-was, menyesal, ketakutan, dan perasaan-perasaan negatif lainnya.

Jenis dan Perilaku Bullying

Bukan hanya di media sosial saja, masih banyak jenis dan perilaku bullying yang terjadi di banyak lingkup, utamanya di lingkungan dimana ada interaksi antar manusia. Jenis dan perilaku bullying antara lain:
  1. Sekolah (School bullying)
  2. Tempat Kerja (Workplace bullying)
  3. Melalui medium internet dan teknologi digital (Cyberbullying)
  4. Lingkungan Politik (Political bullying)
  5. Lingkungan Militer (Military bullying),
  6. dan dalam Perpeloncoan.
Dengan banyajnya dampak buruk yang ditimbulkan akibat bullying ini, sebisa mungkin kita menghindari untuk melakukannya. Bila kita menjadi obyek, sebaiknya segera cari "penangkal", jangan sampai terus-terusan di bully. Kalau tidak salah, saat ini juga sudah ada ancaman secara hukum bagi pelaku bullying ini. Maka, marilah berhati-hati, jangan melakuakan dan jangan pula menjadi korban.

Advertisement

Post a Comment