Ganti Faskes BPJS Karena Kurang Lengkap

Seperti sudah banyak dibahas, sistem berobat yang diterapkan oleh BPJS Kesehatan adalah berjenjang, dimana ada prosedur yang harus dilalui terlebih dahulu. Misalnya untuk berobat harus ke fasilitas (Faskes) tingkat pertama terlebih dahulu untuk memperoleh penanganan. Bila faskes tingkat pertama tidak mampu menangani, baru akan diberi rujukan ke faskes lanjutan.

Tidak semua klinik, dokter, puskesmas, otomatis menjadi rekanan BPJS Kesehatan, ada mekanisme pendaftaran/ kerjasama antara BPJS dengan dokter atau klinik. Pada saat pendaftaran, peserta sendiri yang menentukan faskes 1 mana yang akan dipilih, tentu saja yang sudah terdaftar sebagai mitra BPJS Kesehatan. Tapi, sayangnya tidak semua faskes tingkat satu memuaskan pelayanan atau fasilitasnya, seperti yang saya alami.

Sudah cukup lama saya mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan, karena banyak pertimbangan akhirnya saya putuskan mendaftar. Belum ada genap setahun memang, tapi saya sudah punya keinginan merubah faskes yang saya pilih sebelumnya. Bukan tanpa alasan, karena saya merasa tidak puas dengan fasilitas di faskes sebelumnya.
Ganti Faskes BPJS Karena Kurang Lengkap
Ceritanya beberapa waktu yang lalu saya hendak memeriksakan gigi anak, kebetulan giginya bengkak. Karena tidak mau bolak-balik, saya coba menghubungi poliklinik yang menjadi rujukan saya (Faskes), saya tanyakan ke petugas terkait ketersediaan poli gigi sebagaimana umumnya rumah sakit, puskesmas, atau poliklinik. Saya terkejut, ketika saya tanyakan ternyata belum ada poli gigi! Poliklinik macam apa ini, tidak lengkap, poli gigi saja tidak ada. Saya pun langsung berniat merubah data faskes.

Saya sudah mendatangi kantor BPJS beberapa waktu yang lalu, maksud saya ingin ambil formulir perubahan data terlebih dahulu agar bisa diisi di rumah dan lebih cepat dalam proses perubahan data nanti. Karena terlalu repot bila diisi di kantor BPJS, kadang harus antri, tentu saja tidak nyaman. Sampai sekarang saya belum datang ke kantor BPJS lagi, tapi data-data dalam formulir sudah saya isi.

Syarat lain yang harus saya persiapkan untuk proses perubahan data Faskes adalah KTP Asli serta Kartu Peserta BPJS. Untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya bila saya juga mempersiapkan data lain semisal KK atau akte. Tinggal menunggu waktu luang saja, saya akan mengurus perubahan segera, biar lega dan tenang.

____________________________________
Catatan: Bila proses pergantian Faskes 1 saya sudah selesai, semoga bisa saya bagi ceritanya dalam postingan ini.

Advertisement

Post a Comment