Info Kuliner Dan Makanan Khas Daerah Di Indonesia

Indonesia adalah negara dengan kekayaan alam yang melimpah, dari sabang sampai merauke memiliki keragaman hasil bumi yang begitu luar biasa. Tidak mengherankan bila banyak negara yang merasa “iri” dengan Indonesia, tentu saja ini merupakan hal yang wajar, mengingat dibelahan dunia manapun kiranya tidak ada negara yang memiliki kekayaan alam seperti Indonesia. Menurut sejarah, salah satu alasan bangsa asing menjajah Indonesia adalah kekayaan alam, utamanya rempah-rempah.

Tentu kita sangat hafal asal makanan, saat menyebut Empek-Empek, orang langsung ingat Palembang. Saat menyebut Gudeg, orang akan langsung menyebut Jogja, dan lain sebagainya. Indonesia begitu kaya dengan kuliner, jangankan untuk satu negara, satu provinsi bahkan satu kabupaten pun macam masakannya sudah sangat banyak. Misalkan saja untuk Jawa Tengah, setiap kabupaten/kota memiliki makanan khas masing-masing, bahkan bisa lebih dari satu macam. 

Sebagai contoh, Sego Megono merupakan makanan khas dari Kabupaten Pekalongan khususnya, tapi juga banyak dijumpai di Kabupaten Batang, Kota Pekalongan, sampai Kabupaten Pemalang. Tempe Mendoan dari Kabupaten Banyumas, Soto Kudus dari Kabupaten Kudus, Nasi Grombyang dari Kabupaten Pemalang, Timlo dari Solo, Tahu Gimbal dari Semarang, Nasi Gandul (Sego Gandul) dari Kabupaten Pati, Sate Ambal dari Kabupaten Kebumen.

Apa yang saya contohkan tersebut hanya sebagian kecil, masih banyak aneka masakan lainnya di jawa Tengah. Untuk satu jenis masakan saja sudah berbeda bumbu dan cara penyajiannya, misalnya saja Soto, akan sangat berbeda antara Soto di Semarang, Soto di Kudus, Soto di Tegal, Soto di Banyumas, Soto di Klaten, dan di wilayah lainnya. Hal ini menandakan bahwa orang Indonesia itu kreatif, dari satu jenis makanan saja sudah berlainan rasa dan cara penyajiannya.

Dengan banyaknya makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia, tentu saja merupakan sebuah kebanggan tersendiri. Untuk dapat menikmati makanan sebuah masakan atau makanan khas sebuah wilayah tentu saja tidak harus ke tempat asal makanan tersebut, karena saat ini sudah banyak warung atau rumah makan yang menjual masakan khas suatu daerah.

Rumah makan Padang merupakan salah satu yang paling mudah di jumpai, aneka masakan dari daerah Padang tersedia disana. Sate Madura juga sudah banyak dijajakan, baik secara keliling atau di warung-warung makan yang khusus menjual Sate Madura. Soto Kudus pun juga sudah banyak tersebar di berbagai kota di Indonesia. Jadi, apa yang saya contohkan ini merupakan sebuah gambaran bahwa Indonesia adalah negara kaya dengan aneka makanan atau masakan, tidak perlu datang langsung ke tempat asal makanan tersebut, karena bisa menikmati di tempat sekitar kita. Tapi, akan lebih baik bila datang langsung ke tempat asal, bagi yang hobi wisata kuliner tentu saja bisa menjadi agenda untuk keliling Indonesia menikmati berbagai makanan khas dari berbagai wilayah yang tersebar di seluruh Indonesia. 
info kuliner di breaktime.co.id
Bagi yang ingin mencoba masak sendiri pun juga sangat memungkinkan, karena saat ini sudah banyak tersebar di internet mengenai info kuliner dan resep masakan, tinggal cari dan praktekkan. Misalnya saja di www.breaktime.co.id, disana tersedia informasi, tips seputar kuliner dan juga ada resep masakan. Tentu saja bisa menambah pengetahuan dan juga kemampuan memasak dengan mempraktekkan resep masakan yang ada di situs tersebut.

Jadi, dengan keragaman masakan dan makanan khas di setiap wilayah, layak kita bangga dengan kekayaan Indonesia, meski sekarang banyak masakan atau makanan dari luar negeri yang masuk ke Indonesia, tapi cita rasa masakan khas Indonesia tetap tiada duanya. Orang boleh pergi jauh, tapi lidah mereka pasti tak akan lupa dengan makanan khas dari daerah asalnya. Seperti tagline sebuah iklan: soal rasa,  lidah ngga’ pernah bohong.

Advertisement

Post a Comment