Maksud/ Pengertian Gerakan Revolusi Mental

Semenjak era pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, sering kita dengar istilah Revolusi Mental, sebuah cita-cita yang ingin diraih dalam mewujudkan bangsa yang mandiri dan berdikari. Sejak kampanye pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, gerakan revolusi mental sudah digaungkan sebagai salah satu "visi" dari Jokowi-JK. Setelah Jokowi-JK terpilih, Gerakan Revolusi Mental menjadi salah satu gerakan yang terus digaungkan, meskipun ada pro dan kontra terkait gerakan ini, namun layak kita dukung bersama karena secara tujuan gerakan ini sangatlah mulia.


Lalu, apa sih sebenarnya maksud atau pengertian dari revolusi mental itu?, dari yang saya baca dari revolusimental.or.id, secara garis besar revolusi mental adalah gerakan yang bertujuan untuk membentuk karakter masyarakat Indonesia agar menjadi Bangsa yang mandiri dan berdikari. Gerakan revolusi mental juga bertujuan untuk merubah pola pikir (mindset) negatif menjadi positif dan membentuk manusia Indonesia yang berkarakter.
Maksud/ Pengertian Gerakan Revolusi Mental
Sudah banyak langkah nyata yang dilakukan untuk mengaplikasikan gerakan ini. Dari bidang pemerintahan sendiri sudah banyak langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah, misalnya saja reformasi birokrasi, merubah aturan yang berbelit-belit, menerapkan sikap disiplin dalam pemerintahan dan masih banyak lainnya.

Namun demikian, tak sedikit orang yang merasa pesimis kalau gerakan recolusi mental ini bisa terwujud, karena memang untuk dapat merubah pola pikir dan kepribadian masyarakat itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Banyak yang beranggapan kalau gerakan revolusi mental itu hanyalah omong kosong belaka, karena dalam kenyataannya belum banyak bukti nyata dari gerakan ini.

Namun demikian, gerakan yang bertujuan mulia ini layak untuk didukung, karena tanpa adanya tindakan nyata tak mungkin dapat merubah sesuatu. Kalau hanya berfikir negatif, pesimis, menganggap gerakan ini hanya sebuah jargon, tentu saja tujuan dari gerakan revolusi mental ini dapat terwujud.


Tak bisa semua bergantung pada pemerintah saja, karena gerakan ini merupakan gerakan yang berlaku menyeluruh, artinya bahwa seluruh rakyat Indonesia mempunyai "kewajiban" untuk mensukseskannya. Tanpa adanya peran serta seluruh rakyat Indonesia, mustahil gerakan ini bisa terwujud. Oleh karenanya perlu kesadaran dan tindakan nyata, dimulai dari hal-hal kecil, dimulai dari diri sendiri, kemudian kelingkungan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Langkah-langkah kecil menuju perubahan kearah yang lebih baik merupakan salah satu bagian dari gerakan revolusi mental.

Advertisement

Post a Comment