Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tempat Wisata Pantai Terkenal di Yogyakarta

Yogyakarta terkenal sebagai kota pelajar dan juga kota budaya, karena di Yogyakarta terdapat banyak kampus dan tempat pendidikan. Selain itu, Yogyakarta juga terkenal dengan Keraton dan juga banyak budaya yang menjadi ciri provinsi di Pulau Jawa ini. Bicara Yogyakarta secara umum tentunya akan membicarakan sebuah provinsi, karena sebenarnya Yogyakarta merupakan nama kota madya yang merupakan bagian dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Namun, orang sudah terlanjur mengenal Yogya atau Jogja sebagai satu kesatuan yang didalamnya terdapat lima kabupaten/kota (Yogyakarta, Sleman, Bantul, Gunung Kidul, Kulon Progo). Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta juga dikenal memiliki banyak tempat wisata, dan yang tak kalah elok adalah pesona pantai di pesisir selatan Yogyakarta. Berikut ini 5 tempat wisata pantai yang terkenal di Yogyakarta, yaitu:

#1. Pantai Baron

Lokasi Pantai Baron berada di Kabupaten Gunung Kidul, lebih tepatnya di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Untuk sampai ke lokasi, jarang yang harus di tempuh dari kota Yogyakarta kurang lebih berjarak 40 km, bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun bus, karena memang jalan menuju tempat wisata ini cukup bagus.
5 Tempat Wisata Pantai Terkenal di Yogyakarta

#2. Pantai Kukup

Lokasi Pantai Kukup masuk dalam wilayah Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Pantai Kukup letaknya berdekatan dengan Pantai Baron, di sebelah timur Baron dengan jarak kurang lebih 1 km. Bila perjalanan dari kota Yogyakarta, terlebih dahulu menempuh jarak kurang lebih 40 km ke Wonosari, baru kemudian dilanjutkan dengan mengambil jalur Kukup Baron kearah selatan dengan jarak kurang lebih 22 km.

#3. Pantai Krakal

Pantai Krakal masuk wilayah Kabupaten Gunungkidul, dengan jarak kurang lebih 65 km dari kota Yogyakarta. Merupakan pantai yang indah dengantekstur yang landai dan berpasir putih. Sepanjang tahunnya Pantai Krakal menerima panas matahari dari pagi hingga petang. Pantai Krakal dikembangkan menjadi kawasan wisata panyai dan perkampungan wisatawan, terkhusu bagi wisatawan asing. 

#4. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang paling terkenal di Yogyakarta, berada di wilayah Kabupaten Bantul, terkenal dengan legenda Ratu Kidul. Jarak dari Kota Jogja kurang lebih 27 km arah selatan, dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Melihat matahari terbenam menjadi saat yang tepat  menikmati Parangtritis. 

#5. Pantai Depok

Lokasi Pantai Depok berada di wilayah Kabupaten Bantul, berdampingan dengan Pantai Parangtritis dan Parangkusumo. Jarak dari Kota Yogyakarta kurang lebih 30 km, dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau roda empat, dan bisa juga menggunkan bus wisata.


Dari kelima pantai diatas, pantai Baron, Kukup, dan Krakal biasanya dijadikan satu paket wisata, terkenal dengan singkatan BKK. Selain lima pantai diatas, masih banyak pantai-pantai indah lainnya di Yogyakarta. Bila ingin berlibur ke Yogyakarta, kelima pantai diatas dapat dijadikan alternative pilihan menghabiskan waktu untuk melepas kepenatan bersama keluarga atau orang-orang yang disayangi.

1 comment for "5 Tempat Wisata Pantai Terkenal di Yogyakarta"