9 Makanan Khas Dari Provinsi Jawa Tengah (+ Video Resep)

Bagi Anda yang suka wisata kuliner, tentu tak asing lagi dengan macam-macam makanan, utamnya makanan khas di wilayah Indonesia. Sudah diketahui bersama kalau Palembang mempunyai makanan khas empek-empek, Gudeg dari Jogja, dan lain sebagainya. Bicara soal makanan khas, di Indonesia bisa menemukan banyak sekali makanan khas di masing-masing daerah, tak terkecuali di Jawa Tengah.
9 Makanan Khas Dari Provinsi Jawa Tengah (+ Video Resep)
Provinsi yang terdiri dari 35 kabupaten/ kota ini mempunyai banyak makanan khas. Berikut ini 9 makanan khas Jawa Tengah dari berbagai kabupaten/kota:

1. Sego Megono

Sego megono atau nasi megono merupakan makanan khas dari daerah pantura Jawa Tengah, khususnya dari Kabupaten Pekalongan.  Mudah ditemukan di Kabupaten Batang, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalolangan, sampai Kabupaten Pemalang. Makanan ini terdiri dari nasi yang diberi lauk nangka muda yang dicacah dengan campuran parutan kelapa.



2. Tempe Mendoan

Mendoan adalah makanan khas dari Kabupaten Banyumas Istilah mendoan diyakini berasal dari bahasa Banyumasan, mendo artinya lembek atau setengah matang. Cara mengolah mendoan adalah dengan di goreng dalam minyak panas yang banyak, tapi tidak benar-benar matang sehingga masih lembek.

Seperti namanya, tempe mendoan adalah makanan yang bahan dasarnya adalah dari tempe. Sebenarnya mendoan adalah tempe yang digoreng, makanan ini biasa disebut dengan tempe mendoan, namun yang membedakan mendoan dengan tempe goreng biasa adalah cara penyajiannya. Mendoan lebih terlihat lembek karena proses penggorengannya yang tidak matang benar, enak disantap saat masih panas atau hangat dengan sambel kecap atau cabai rawit. 



Selain di Banyumas, diwilayah lain juga mempunyai makanan yang sama dengan mendoan, hanya saja tempe mendoan lebih dikenal sebagai makanan khas dari Banyumas.

3. Nasi Lengko

Nasi lengko atau Sega lengko merupakan makanan khas dari wilayah pantura (Cirebon, Indramayu, Brebes, Tegal dan sekitarnya). 



4. Soto Kudus

Sudah bisa ditebak dari namanya, Soto Kudus adalah soto yang berasal dari Kabupaten Kudus, dalam penyajiannya setiap porsi dihidangkan dalam mangkuk kecil.



5. Nasi Grombyang

Nasi grombyang merupakan makanan khas daerah Pemalang. Sejenis nasi campur, menurut sejarahnya, pemberian nama nasi grombyang karena penyajian makanan yang lebih banyak kuahnya ketimbang isinya, sehingga saat disajikan terlihat bergoyang-goyang, Grombyang sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang artinya bergoyang-goyang.



6. Timlo

Timlo merupakan makanan khas dari Kota Solo, sejenis sup dengan bahan pengisi kembang tahu dan telur atau daging ayam/sapi.


7. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal merupakan makanan khas dari Kota Semarang. Gimbal sendiri merupakan makanan semacam bakwan yang berisi udang.



8. Nasi Gandul

Nasi gandul atau Sego Gandul adalah masakan khas yang berasal dari daerah Pati. Nasi gandul sepintas mirip dengan Semur Daging dan Gulai.



9. Sate Ambal

Sate ambal merupakan makanan khas dari Kabupaten Kebumen, tepatnya dari daerah Ambal. Pembeda antara sate ambal dengan sate lain adalah bumbu yang digunakan, terbuat dari tempe yang dihaluskan, lebih encer, berwarna kuning tua dan sekilas terlihat seperti kuah masakan Padang, rasanya manis-pedas-gurih dengan aroma keharuman rempah.



Selain sembilan makanan diatas, masih banyak lagi makanan khas di kabupaten/kota di wilayah Jawa Tengah. Dengan semakin berkembangnya jaman, semakin bertambah jenis makanan baru dengan beraneka rasa, tidak menutup kemungkinan akan muncul makanan khas baru di wilayah Jawa Tengah dan juga di wilayah lain di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Post a Comment