Pencairan Gaji Ke-13 PNS Klaten Sebelum Lebaran

Bagi Anda Pegawai Negeri Sipil (PNS) di wilayah lingkungan Pemerintah Kabupaten Klaten, ada kabar menggembirakan terkait gaji ke-13. Hal ini tak lepas dari kabar bakal cairnya gaji ke-13 bagi PNS sebelum lebaran tahun ini.

Seperti yang saya baca di Solopos.com, gaji ke-13 bagi pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Klaten akan dicairkan pekan kedua di bulan Juli mendatang. Seperti dijelaskan oleh Kepala Bidang (Kabid) Perbendaharaan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Klaten, Sarno. Total anggaran yang dipersiapkan untuk mencairkan gaji ke-13 bagi PNS ini berkisar Rp59,9 miliar.

“Saat ini kami sedang meminta aplikasi data terbaru dari Tabungan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen). Awal pekan depan mungkin datanya sudah ada. Selanjutnya, akan kami ajukan ke Pak Bupati [Sunarna]. Jadwal pencairan gaji ke-13 di pekan kedua bulan Juli itu masih sebatas rencana. Yang jelas, sebelum Lebaran diusahakan sudah cair,” kata Sarno.

Kabar gembira ini bukan hanya untuk PNS, namun juga bagi tenaga honorer K2 yang sudah menyandang status calon pegawai negeri sipil (CPNS). Sebanyak 13.244 PNS akan terima gaji ke-13, begitu juga dengan 761 tenaga honorer K2 yang sudah menyandang status CPNS juga berhak mendapatkan gaji ke-13 yang besarnya satu kali gaji bulanan. Khusus untuk CPNS, besarnya gaji ke-13, yakni 80% dari gaji bulanan. Kabid Perbendaharaan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Klaten, Sarno, juga memastikan tidak ada pemotongan gaji ke-13 ini.
Tentu saja kabar ini seperti angin segar, sebab sudah banyak pegawai negeri di Klaten yang menantikan kepastian atau kabar pencairan gaji ke-13. Semoga saja kabar ini benar sehingga para PNS bisa berlega hati saat lebaran. Tidak lupa, semoga saja dengan adanya gaji ke-13 bagi PNS ini berbanding lurus dengan kinerja PNS dan mampu meningkatkan daya guna dan hasil guna serta kesejahteraan PNS.

Advertisement

Post a Comment