Kirab Gotong Toa Pe Kong Perayaan Cap Go Meh di Slawi, Kab. Tegal

Salah banyak acara tahunan yang menyedot banyak perhatian di Slawi, Kabupaten Tegal, salah satunya adalah Gotong Toa Pe Kong atau ada pula yang menyebut dengan Tepekong. Acara ini merupakan acara tradisional warga keturunan Tionghoa, diselenggarakan dalam rangka peringatan Tahun Baru Imlek, atau lebih tepatnya dalam perayaan Cap Go Meh (Tanggal 14-15 Cia Gwee).



Untuk acara di Slawi, sebelum diarak biasanya ada ritual terlebih dahulu untuk tandu beserta dengan isinya, ritual dilakukan di Sungai Gung (Kali Gung) Setelah ritual selesai dilakukan, lalu dibawa kembali ke Klenteng Hok Ie Kiong serta diarak ke empat pojok arah mata angin. 

Dalam perayaan Cap Go Meh, selain Gotong Toa Pe Kong, ada serentetan ibadah yang lainnya. Biasanya juga ada pertunjukan liong, barongsai, pameran-pameran, bahkan ada pertunjukan wayang kulit atau boneka potehi. Jadi, bila ada kesempatan, coba luangkan waktu untuk menikmati perayaan ini, karena berdasarkan pengalaman, banyak orang yang berjejal untuk menyaksikan acara ini.

Advertisement

Post a Comment