Profil Dr. Ir. H. Soekarno (Presiden RI Ke 1)

Dr. Ir. H. Soekarno adalah presiden pertama Republik Indonesia, menjabat sebagai presiden dari tahun 1945 sampai dengan tahun 1966. Lahir di Blitar, Jawa Timur tanggal 6 Juni 1901. Agama Islam. Menempuh pendidikan SMP/SMA di Surabaya dan kuliah di ITB Bandung. Pengalaman beliau adalah sebagai penulis/ kolumnis dan Pejuang Politik/ Diplomatik; Pendiri PNI (4 Juli 1927) dan sebagai Proklamator RI. Beliau wafat di Jakarta pada 21 Juni 1970.
Profil/ Biografi Dr. Ir. H. Soekarno (Presiden RI Ke 1)
Dr. Ir. H. Soekarno / img: www.google.com
Ir. Sekarno terlahir sebagai keturunan seorang bangsawan Jawa. Saat kecil bernama Kusno, kemudian akrab dengan panggilan Bung Karno saja. Tamat SD beliau tinggal di Surabaya, kemudian kost ditempat H.O.S Cokroaminoto, seorang politisi kawakan tokoh Syarikat Islam. Disana beliau menggembleng jiwa nasionalismenya.

Usai lulus dari SLTA, Soekarno melanjutkan pendidikannya ke ITB Bandung. Setelah meraih gelar Ir. Pada tahun 1926, H.O.S Cokroamninoto mengambilnya sebagai menantu. Pada tahun 1927, Soekarno kemudian mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI), dan berhasil merumuskan ajaran Marhaen.

Pada 29 Desember 1929, penjajah Belanda menjebloskan Soekarno kepenjara Sukamiskin, Bandung, karena merasa khawatir dengan beliau. Delapan bulan berselang, Soekarno baru disidangkan dipengadilan dengan tuduhan mengambil bagian dalam suatu organisasi yang bertujuan melakukan kejahatan disamping usaha menggulingkan kekuasaan Hindia-Belanda. Dalam pembelaannya berjudul Indonesia Menggugat, dengan gagah berani Bung Karno menelanjangi kemurtadan Belanda. Pada tahun 1933, belanda membuang Bung Karno ke Endeh, Flores, kemudian memindahkannya ke Bengkulu.

Pada 17 Agustus 1945, Bung Karno dan Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia. Pada sidang pleno PPKI ditetapkan UUD 1945 sebagai konstitusi RI dan memilih Soekarno sebagai Presiden dan Moh. Hatta sebagai Wakil Presiden pertama RI.

Advertisement

Post a Comment