Jangan Mudah Percaya Pada Isu Yang Meresahkan

Isu adalah berita yang belum tentu benar, atau bisa juga diartikan kabar yang tidak benar yang sengaja disebarkan dengan maksud tertentu. Ya, sudah bukan rahasia lagi ketika banyak isu yang berkembang di masyarakat, dalam banyak hal dan dengan berbagai maksud. Bisa terkait isu politik, isu sosial, isu ekonomi, atau isu-isu lain yang sering membuat orang menjadi bingung dan juga resah.

Belakangan ini sangat marak beredar pemberitaan mengenai aksi pembegalan yang terjadi dibanyak tempat. Tak jarang aksi para penjahat ini membuat banyak orang kuatir, apalagi aksi pembegalan sering diikuti dengan tindak kekerasan terhadap korbannya. Bahkan, tak segan para begal membunuh korbannya.

Begal Membegal Anaknya Sendiri

Seringnya pemberitaan mengenai aksi begal dibanyak media cetak, elektronik, maupun internet, membuat orang menjadi semakin was-was. Belum lagi kabar-kabar yang sengaja disebarkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab membuat orang semakin dicekam rasa ketakutan. Yang menyedihkan lagi, banyak isu yang berkembang di masyarakat yang berdampak negatif bagi sebagian masyarakat.

Beberapa waktu yang lalu beredar kabar tentang pembegalan yang terjadi di wilayah Klaten, entah benar atau tidak, kabarnya pembegalan dilakukan oleh bapak terhadap anaknya. Tak masuk akal memang, namun itulah kabar yang beredar di masyarakat. Banyak orang yang percaya dengan isu itu, sehingga dengan cepat kabar bohong itu menyebar di masyarakat. Saya sendiri juga mendengar kabar itu saat sedang ngobrol dengan tetangga. Awalnya ragu-ragu, tapi dengan semakin banyaknya orang yang bercerita membuat hati menjadi penasaran juga. 
Kemarin saya mendapatkan kabar dari grup WA kalau apa yang berkembang di masyarakat mengenai bapak membegal anaknya tersebut hanyalah isu. Hal tersebut berdasarkan pernyataan dari pohak kepolisian. Mesipun demikian, adanya isu-isu semacam ini perlu disikapi dengan kewaspadaan dan jangan sampai kita lengah. Dengan banyaknya isu yang beredar, harapannya kita lebih berhati-hati lagi. Jangan mudah percaya dengan isu, meski belum tentu benar, namun kita juga harus tetap waspada.

Advertisement

Post a Comment