Hari Penting/ Bersejarah Diperingati di Bulan Agustus

Bulan Agustus merupakan bulan yang berkesan bagi Bangsa Indonesia, karena dibulan ini ada satu hari yang diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Kemerdekan Indonesia. Ya, tepatnya tanggal 17 Agustus. Pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur 56, Ir. Soekarno didampingi Mohammad Hatta membacakan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Peristiwa ini menandai kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajahan dan menjadikan Indonesia menjadi negara yang berdaulat.

Perayaan HUT RI begitu meriah setiap tahunnya, mulai dari lomba-lomba, karnaval, sampai dengan pentas seni. Selain peringatahn hari kemerdekaan, pada bulan Agustus juga identik dengan Pramuka, karena setiap tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Parmuka. Berikut ini beberapa tanggal/ hari penting yang diperingati di bulan Agustus, diantaranya:

5 Agustus: Hari Dharma Wanita Nasional
8 Agustus: Hari Ulang Tahun ASEAN
10 Agustus: Hari Veteran Nasional
10 Agustus: Hari Kebangkitan Teknologi Nasiona
12 Agustus: Hari Wanita TNI Angkatan Udara (Wara)
13 Agustus: Hari Peringatan Pangkalan Brandan Lautan Api
14 Agustus: Hari Pramuka
17 Agustus: Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia
18 Agustus: Hari Konstitusi Republik Indonesia
19 Agustus: Hari Departemen Luar Negeri Indonesia
21 Agustus: Hari Maritim Nasional

Dengan adanya peringatan hari kemeredekaan Indonesia diharapkan mampu memberikan semangat dan dapat mengambil pelajaran dari perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raganya demi merebut kemerdekaan. Selain itu, peringatan hari bersejarah bukanlah sekedar seremoni belaka, karena percuma saja diperingati kalau tidak ada hikmah yang bisa diambi. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Post a Comment