Hujan Dan Potensi Timbulnya Bencana Alam

Musim hujan adalah musim yang kadang dirindukan dan kadang tak diharapkan. Manusiawi ketika orang berbeda pandangan terkait musim hujan. Bagi mereka yang mengandalkan sumber air dari air hujan, tentu akan sangat berbahagia ketika musim hujan itu tiba. Ambil contoh untuk para petani yang mengharapkan air untuk mengaliri sawah mereka, tentu saja saat hujan turun mereka merasa berbahagia.

Namun bagi mereka yang tak mengharapkan hujan datang, tentu akan merasa susah ketika musim hujan telah tiba. Kenapa demikian?, contoh nyata adalah ketika musim hujan banyak daerah yang tergenang banjir. Meski jika ditelusur letak kesalahan terdapat pada manusia, namun tetap saja banyak yang mengeluh saat musim hujan telah tiba.

Tak jarang hujan deras menimbulkan adanya bencana banjir, apalagi untuk daerah-daerah yang menjadi langganan banjir, Jakarta misalnya. Setiap musim hujan, Jakarta dan kota-kota lengganan banjir lainnya hampir dipastikan akan merasa was-was, kalau banjir dalam skala kecil mungkin masih mendingan, tapi kalau sudah bajir besar?, ini yang pastinya menjadi masalah.

Selain banjir, terkadang hujan deras yang disertai angin kencang bisa menimbulkan bencana juga. Tanah longsor juga sering terjadi ketika musim hujan. Ada yang bilang hujan itu anugerah, namun ada juga yang bilang hujan itu musibah. Semua kembali kepada masing-masing orang, dari sudut mana mereka menilainya.Namun, sebisa mungkin kita mensyukuri apa yang telah kita terima.

Advertisement

Post a Comment