Hari Besar/ Penting Bersejarah Indonesia di Bulan Mei

Saya percaya bahwa sebagian dari kita sudah tahu mengenai Hari Kebangkitan Nasional. Budi Utomo adalah organisasi sosial pertama di Indonesia yang berdiri pada tanggal 20 Mei 1908. Tanggal lahirnya organisasi Budi utomo inilah yang dijadikan acuan dalam memperingati hari kebangkitan nasional, karena dengan berdirinya organisasi ini menjadi tonggak perjuangan baru dan berbeda dengan perjuangan yang dilakukan sebelumnya. Kebangkitan nasional adalah masa di mana bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia yang sebelumnya tidak pernah muncul selama masa penjajahan. 
Jadi, sampai saat ini setiap tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Selain tanggal 20 Mei, ada peristiwa penting lain yang diperingati di bulan Mei, beberapa diantaranya adalah:

1 Mei: Hari Peringatan Pembebasan Irian Barat
1 Mei: Hari Buruh Sedunia
2 Mei: Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)
5 Mei: Hari Lembaga Sosial Desa (LSD)
11 Mei: Hari POM - TNI
15 Mei: Hari Korps Resimen Mahadjaya/ Jayakarta (Menwa Jayakarta)
17 Mei: Hari Buku Nasional
19 Mei: Hari Korps Cacat Veteran Indonesia
20 Mei: Hari Kebangkitan Nasional
21 Mei: Hari Peringatan Reformasi
23 Mei: Hari Penyu Sedunia
29 Mei: Hari Keluarga
31 Mei: Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Dari tanggal diatas barangkali yang biasa terdengar adalah Haru Pendidikan Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Mei dan tentu saja Hari Kebangkitan Nasional di tanggal 20 Mei. Semoga saja dengan peringatan hari besar bersejarah tersebut mampu memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta meningkatkan kecintaan terhadap Bangsa dan Negara Indonesia.

Advertisement

Post a Comment