10 Program Pokok PKK dan Penanggung Jawab Pelaksana Program

Bagi Anda yang sedang mencari kepanjangan dari PKK, saya sendiri masih agak rancu, karena memang meski sering disebut namun jarang sekali orang menyebutkan kepanjangannya. Oleh karenya, dalam tulisan kali ini saya mencoba menuliskan kepanjangandari PKK dengan referensi yang saya dapat dari tulisan di internet. PKK adalah singkatan dari Pembinaan Kesejahteraan Keluarga, atau Program Kesejahteraan Keluarga. Kedua pemahaman tersebut sepertinya semua benar, namun apa yang tertulis dalam logo atau lambang PKK berbunyi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga.

PKK merupakan wadah atau gerakan untuk mewujudkan keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju-mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, di PKK terdapat 10 program pokok.


Berikut ini adalah daftar 10 Program Pokok PKK

10 PROGRAM POKOK PKK

  1. Penghayatan dan Pengamalan Pancasila
  2. Gotong Royong
  3. Pangan
  4. Sandang
  5. Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga
  6. Pendidikan dan Ketrampilan
  7. Kesehatan
  8. Pengembangan Kehidupan Berkoperasi
  9. Kelestarian Lingkungan Hidup
  10. Perencanaan Sehat

Untuk merealisasikan program-program tersebut di atas, maka dibuat kegiatan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat.

PENANGGUNG JAWAB PELAKSANA PROGRAM
Ada 4 (empat) kelompok kerja (Pokja) yang melakukan perencanaan, pelaksanaan, pembinaan, pemberdayaan dan fasilitasi 10 Program Pokok PKK secara luwes dan koordinatif. Keempat Pokja tersebut adalah:

1. POKJA I :
  1. Penghayatan dan Pengamalan Pancasila.
  2. Gotong Royong
2. POKJA II :
  1. Pendidikan dan Ketrampilan
  2. Pengembangan Kehidupan Berkoperasi
3. POKJA III :
  1. Pangan
  2. Sandang
  3. Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga
4. POKJA IV :
  1. Kesehatan
  2. Kelestarian Lingkungan Hidup
  3. Perencanaan Sehat
Demikian sekilas tentang kepanjangan PKK, 10 Program Pokok PKK dan Penanggung Jawab Pelaksana Program. Semoga dapat menambah wawasan kita. Bila apa yang saya tuliskan disini dirasa masih kurang, Anda bisa mencari tambahan referensi lain sebagai pelengkap apa yang saya tuliskan tersebut. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Post a Comment