Tanggal/ Hari Penting Yang Diperingati di Bulan November

Surabaya dikenal sebagai Kota Pahlawan, karena di Suarabaya memiliki sejarah dalam perlawanan terhadap penjajahan Belanda. Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Kota Surabaya. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme. Oleh karenanya setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan.
Tanggal/ Hari Penting Yang Diperingati di Bulan November
Bung Tomo
Selain peringatan Hari Pahlawan, bulan November juga terdapat beberapa tanggal penting yang diperingati sebagai hari besar nasional. Beberapa diantaranya adalah:

5 November: Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional
10 November: Hari Pahlawan
10 November: Hari Ganefo
12 November: Hari Ayah Nasional
12 November: Hari Kesehatan Nasional
14 November: Hari Brigade Mobil (BRIMOB)
14 November: Hari Diabetes Sedunia
21 November: Hari Pohon
22 November: Hari Perhubungan Darat
25 November: Hari Guru
28 November: Hari Menanam Pohon Indonesia
29 November: Hari Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI)

Ada juga Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN). Peringatan HCPSN setiap tanggal 5 November ini dimulai tahun 1993 yang betujuan untuk meningkatkan kepedulian, perlindungan, pelestarian puspa dan satwa nasional. Jelas sudah bahwa tujuan peringatan HCPSN bukan sekedar formalitas semata, namun ada tujuan penting bagi pelestarian puspa dan satwa nasional.

Selain itu, masih ada juga Hari Guru, Hari BRIMOB, dan lain sebagainya. Semoga saja dengan peringatan-peringatan hari penting tersebut bukan sekedar formalitas tapi ada hikmah yang bisa diambil. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Post a Comment