Tempat Wisata di Wilayah D.I. Yogyakarta

Salah satu provinsi di Pulau Jawa yang luas wilayahnya paling kecil adalah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, karena DIY hanya terbagi dalam lima kota/kabupaten, yaitu: Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulon Progo, dan Kabupaten gunung Kidul. 

Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar, mungkin karena disini banyak terdapat tempat pendidikan bermutu sehingga menjadi tujuan para pelajar dari berbagai penjuru wilayah di Indonesia. Untuk perguruan tinggi, Universitas Gadjah Mada (UGM), Unversitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), UPN Veteran, ISI, dan masih banyak perguruan tinggi lain yang berada di Provinsi Yogyakarta.
Tempat Wisata di Wilayah DI. Yogyakarta
Gajah di Gembiraloka
Selain itu, Yogyakarta juga dikenal sebagai kota budaya, karena memang disini banyak terdapat seni budaya peninggalan masa lalu yang bergaram. Banyak seniman dan tokoh kreatif yang lahir dari kota Jogja. Ambil contoh Butet Kertaredjasa, Sheila On 7, dan masih banyak lainnya.

Untuk urusan tempat wisata, Yogya adalah tempatnya. Nah, bagi yang sedang mencari referensi tempat wisata di Yogyakarta atau mungkin punya rencana untuk berlibur/jalan-jalan ke Yogyakarta, berikut ini beberapa tempat wisata di DI. Yogyakarta yang mungkin bisa Anda jadikan alternatif berwisata:
  1. Taman Pintar
  2. Museum Yogya Kembali
  3. Museum Sono Budoyo
  4. Pantai Parang Tritis
  5. Sasana Wiratama (Monumen Pangeran Diponegoro)
  6. Pantai Depok
  7. Keraton Yogyakarta
  8. Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka (Gembiraloka Zoo)
  9. Candi Prambanan
  10. Benteng Vanderbough
  11. Pantai Baron
  12. Pantai Kukup
  13. Pantai Krakal
Yang saya sebutkan diatas hanya beberapa saja, masih banyak lokasi lain yang sudah terpublikasikan atau belum. Namun, yang paling terkenal memang Pantai Parang Tritis. Selain itu, tempat yang sudah melekat dengan Yogyakarta adalah Malioboro.

Advertisement

Post a Comment