Tanggal dan Hari Penting Yang Ada Di Bulan Juli

Bulan Juli adalah bulan yang istimewa bagi anak-anak Indonesia, karena dibulan ini ada satu hari yang diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Ya, tanggal 23 Juli terasa spesial bagi anak Indonesia karena ditanggal ini diperingati sebagai hari anak nasional. Dasar dari peringatan hari anak ditanggal 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984.
Tanggal dan Hari Penting Yang Ada Di Bulan Juli
Anak-anak Indonesia
Selain hari anak, masih ada beberapa peristiwa penting yang diperingati dibulan Juli, diantaranya adalah tanggal 9 Juli yang diperingati sebagai Hari Satelit Palapa, karena pada tanggal inilah Satelit Palapa diluncurkan untuk pertama kalinya. Ada juga hari ulang tahun KNPI, dan juga diperingatinya hari koperasi tanggal 12 Juli.

Berikut ini beberapa tanggal bersejarah yang diperingati sebagai hari penting nasional, diantaranya adalah:
  • 1 Juli: Hari Bhayangkara
  • 1 Juli: Hari Buah
  • 5 Juli: Hari Bank Indonesia
  • 9 Juli: Hari peluncuran Satelit Palapa (Hari Satelit Palapa)
  • 12 Juli: Hari Koperasi Indonesia
  • 22 Juli: Hari Kejaksaan
  • 23 Juli: Hari Anak Nasional
  • 23 Juli: hari ulang tahun KNPI
  • 29 Juli: hari Bhakti TNI Angkatan Udara
Kenapa tanggal 1 Juli diperingati sebagai hari Bhayangkara?, dari catatan sejarah yang saya baca di wikipedia, Pada awalnya kepolisian berada dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri dengan nama Djawatan Kepolisian Negara dan tanggung jawab yang diemban hanyalah masalah administrasi, untuk masalah operasional bertanggung jawab kepada Jaksa Agung. Mulai tanggal 1 Juli 1946 dengan Penetapan Pemerintah tahun 1946 No. 11/S.D. Djawatan Kepolisian Negara yang bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri. Atas dasar tersebut maka tanggal 1 Juli ditetapkan sebagai Hari Bhayangkara yang diperingati setiap tahunnya hingga sekarang.

Semoga saja dengan peringatan hari-hari penting bersejarah tersebut dapat meningktkan persatuan dan kesatuan, serta meningkatkan kinerja lembaga yang berulangtahun atau yang diperingati hari lahirnya. Bukan hanya sekedar formalitas, namun ada efek positif yang ditimbulkan setelah memperingati hari bersejarah tersebut. Demikian beberapa hari penting yang diperingati sebagai hari besar nasional, semoga bermanfaat.

Advertisement

Post a Comment