Logat/ Bahasa Daerah Yang Sering Dipakai Dalam Dialog Sinetron/ Film

Indonesia adalah negeri dengan bermacam suku dan beranekamacam kebudayaan. Dengan keragaman suku tentu menjadikan Indonesia negara yang memiliki banyak ragam bahasa daerah. Secara tidak langsung bahasa merupakan sebuah identitas, terkadang orang bisa diketahui asalnya dengan mendengar logat gaya bahasanya.

Bicara tentang bahasa daerah, tentu sebuah kewajaran bila orang dari daerah yang sama berkomunikasi dengan bahasa daerah mereka. Namun, saat ini ada kecenderungan penggunaan bahasa daerah yang semakin menurun penggunaannya, banyak orang yang mulai meninggalkan bahasa daerah dan menggunakan bahasa Indonesia dalam keseharian mereka.
Logat/ Bahasa Daerah Yang Sering Dipakai Dalam Dialog Sinetron/ Film
Untuk dunia hiburan, banyak artis yang populer karena bahasa daerah yang mereka gunakan, salah satu contoh adalah Cici Tegal yang menggunakan logat bahasa Tegal sebagai identitas dirinya. Dialog dalam sinetron atau film juga sering menggunakan atau menyisipkan bahasa daerah dalam alur ceritanya. Menurut saya ini bagus sekaligus sebagai upaya pelestarian bahasa daerah. Untuk bahasa daerah yang sering digunakan dalam sinetron maupun film diantaranya:
  • Bahasa Betawi: merupakan bahasa penduduk asli Jakarta atau biasa disebut sebagai orang Betawi. Bahasa betawi sering muncul dalam film/sinetron, baik dalam dialog maupun tokoh tertentu yang memang berperan sebagai orang Betawi. 
  • Bahasa Jawa: sering juga digunakan, baik itu logat Jawa Tengah, Jawa Timur, atau Yogyakarta.
  • Bahasa Sunda: Banyak tokoh yang mempunyai ciri khas bahasa sunda, misalnya Kang Ibing, demikian pula film atau sinetron yang berlatar sunda atau dialog yang dominan menggunakan logat bahasa sunda.
  • Bahasa Tegal/ Banyumas, biasa juga disebut dengan bahasa ngapak. Sebenarnya bukan hanya bahasa Tegal saja yang ngapak, namun bahasa Banyumas juga.
  • Bahasa Batak atau biasa dikenal dengan peran orang medan
  • Bahasa Madura juga sering digunakan oleh beberapa tokoh pemeran dalam film mapun sinetron. Pelawak yang identik dengan Bahasa Madura adalah Kadir.
Apa yang disebut diatas hanya beberapa saja, masih banyak bahasa daerah lain yang digunakan selain apa yang ditulis diatas. Bahasa Padang, Maluku, Bali, juga sering muncul dalam film/sinetron. Tanpa mengabaikan, mengecilkan atau membandingkan satu daerah dengan daerah lainnya, apa yang saya sebutkan diatas hanyalah beberapa contoh saja.

Advertisement

Post a Comment