Donor Darah Dan Jenis-Jenis Golongan Darah

Donor darah mungkin bukanlah istilah yang asing lagi bagi kita. Tapi, pernahkah Anda melakukan donor darah?, apakah punya pengalaman tentang donor darah?. Bagi sebagian orang melakukan donor darah merupakan sesuatu yang "wajib", karena memang mereka yang berfikiran demikian sudah tau manfaatnya bagi diri sendiri dan juga orang lain. Tapi, tak jarang pula yang merasa takut saat harus melakukan donor darah, ada banyak alasan, dan hal ini wajar menurut saya.
Golongan darah / img: pmisleman.blogspot.com
Pengalaman saya waktu pertama donor adalah timbul perasaan yang kurang menentu, maklum ketika itu saya masih duduk di bangku kelas 1 SMA, dan saat itu ada kegiatan donor darah dari sekolah. Akhirnya dengan rasa was-was, saya bernikan diri untuk mendaftar, karena saya belum tahu golongan darah saya, maka saat itu saya diambil contoh darah untuk di tes. Dari donor darah pertama inilah akhirnya saya tahu jenis golongan darah saya

Ternyata semua baik-baik saja, tak seperti saat membayangkan, karena tidak ada rasa sakit menurut saya, yang penting fikiran tenang dan tubuh dalam kondisi yang sehat dan fit. Ada syarat berat badan minimal yang boleh donor, harus cukup istirahat juga sebelum donor. Pada saat hendak donor, biasanya dicek dulu kondisi badan dan hal-hal yang terkait lainnya. Setelah donor pertama biasanya akan mendapatkan kartu yang warnanya sesuai dengan golongan darah masing-masing. Golongan darah ada A, B, AB, dan O.

Untuk lebih rincinya, berikut ini adalah jenis-jenis golongan darah dan serba-serbinya:
  • Golongan Darah A : Orang yang mempunyai golongan darah A dapat menerima darah dari orang yang memiliki golongan darah A dan O. Dan golongan darah A dapat diberikan kepada orang yang memiliki golongan darah A dan AB.
  • Golongan Darah B: Orang yang mempunyai golongan darah B dapat menerima darah dari orang yang memiliki golongan darah B dan O. Dan golongan darah B dapat diberikan kepada orang yang memiliki golongan darah B dan AB.
  • Golongan Darah O: Orang yang mempunyai golongan darah O dapat menerima darah dari orang yang memiliki golongan darah O. Dan golongan darah O dapat diberikan kepada semua jenis golongan darah (orang yang memiliki golongan darah A, B, AB dan O).
  • Golongan Darah AB: Orang yang mempunyai golongan darah AB dapat menerima darah dari semua golongan darah yang lain (A, B, AB, dan O). Dan golongan darah AB dapat diberikan kepada orang yang memiliki golongan darah AB.
Nah, demikian cerita singkat pengalaman donor darah dan sedikit tentang serba serbi golongan darah, semoga bermanfat.
Advertisement

Post a Comment