Usaha Warung Internet (Warnet) Yang Mulai Sepi

Sudah beberapa tahun terakhir ini saya perhatikan banyak warung internet (warnet) yang mulai sepi pengunjung, bahkan banyak pemilik usaha warnet yang sudah menutup usaha mereka. Ada banyak alasan, yang paling utama barangkali dikarenakan makin sepinya pengunjung warnet dan makin tingginya biaya operasional, sehingga hasil yang diperoleh tidak sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan.
Usaha Warung Internet (Warnet) Yang Mulai Sepi
Warung Internet (Warnet) / hensos4ever.wordpress.com
Lima sampai enam tahun yang lalu, sangat mudah saya menemukan warnet, satu demi satu bermunculan warnet-warnet yang memang kala itu hasilnya sangat menjanjikan. Tak jarang satu warnet membuka cabang pada lokasi lainnya, dan persaingan harga juga ketat mengingat banyaknya warnet yang bermunculan. Pengunjung yang jumlahnya banyak terkadang harus rela antri atau tidak kebagian tempat.

Kini semua sudah berubah, warnet yang dulunya menjamur satu persatu mulai gulung tikar. Kemudahan dalam akses internet dan murahnya tarif yang diberlakukan operator seluler turut mendorong sepinya pengunjung warnet. Saya sendiri adalah salah satu yang meninggalkan warnet setelah memiliki modem sendiri. Ya, dulu hampir setiap hari saya ke warnet, namun setelah tahun 2009 memiliki modem sendiri akhirnya saya tak lagi pergi ke warnet, kalaupun masih ke warnet itu karena satu dan lain hal.

Beberapa faktor yang mempengaruhi sepinya usaha warung internet (warnet) menurut analisa saya dinataranya adalah:
  • Kemudahan mengakses internet dengan adanya internet gratis di tempat umum atau tempat-tempat tertentu
  • Harga modem yang semakin murah
  • Tarif internet yang murah, karena saat ini provider berlomba dalam mencari pelanggan sebanyak-banyaknya
  • Kecepatan akses internet di wanet yang tidak memuaskan, karena banyak dijumpai warnet lelet sehingga pengguna warnet jadi enggan ke warnet
Itulah diantaranya faktor yang menurut pendapat saya berpengaruh terhadap sepinya usaha warnet, hal tersebut juga yang mempengaruhi saya untuk membeli modem dan berlangganan paket unlimited bulanan pada provider tertentu, karena lebih mudah, murah, dan tidak repot. Semoga saja muncul inovasi dari para pengusaha warnet agar para pelanggan atau pengguna yang dulu ramai menjadi ramai seperti dulu lagi.

Advertisement

Post a Comment