Tujuan Membangun/ Membuat Pintu Gerbang

Pintu gerbang, mungkin menjadi sesuatu yang sangat mudah di temui, bisa jadi tiap hari kita menemui atau melewatinya. Di sekolah, di gang masuk kampung, jalan masuk desa, perbatasan kabupaten atau provinsi, dan masih banyak tempat lainnya. Jenis, ukuran, bahan dan bentuk bangunan pintu gerbang pun juga beraneka macam.
Tujuan Membangun/ Membuat Pintu Gerbang
Pintu Gerbang
Ada banyak alasan kenapa di bangun atau didirikan sebuah pintu gerbang pada tempat-tempat tertentu, dan masing-masing alasan tentunya mempunyai tujuan. Kalau menurut saya pribadi, ada dua tujuan yang pokok dari dibuatnya pintu gerbang:
  • Sebagai identitas. Pintu gerbang biasanya dibuat di depan atau di jalan masuk, disana tertera identitas tempat atau wilayah. Misal: nama sekolah, nama desa, nama kampung, jalan dan RT/RW, nama kabupaten, nama tempat wisata, gedung pemerintahan, dan lain sebagainya.
  • Sebagai visualisasi keindahan. Maksudnya keindahan disini adalah wujud pentaan lingkungan, agar tercipta kesan positif dari tempat/wilayah yang ada pintu gerbang. Misal: Sekolahan akan terlihat berbeda antara yang ada pintu gerbangnya dan yang tidak ada, ada kesan lain, dan menurut saya lebih mencerminkan sebuah tempat belajar . Begitu juga untuk tempat wisata, jalan kampung, dan lain sebagainya.
Nah, itu dua diantaranya tujuan dari dibangunnya sebuah pintu gerbang menurut pendapat saya pribadi. Tentu saja masih banyak tujuan lainnya. Apa yang saya ungkapkan disini barangkali hanya mewakili sudut pandang saya sendiri, mungkin Anda punya pandangan yang lain?.
Advertisement

Post a Comment