Manfaat Sirih Merah Bagi Kesehatan ~ Tanaman Obat

Tanaman sirih merah, mungkin sudah banyak yang mengetahui jenis tanaman ini, selain bentuknya yang mirip dengan tanaman sirih biasa, pembudidayaan tanaman sirih merah juga tidak membutuhkan lahan yang luas. Banyak yang memanfaatkan pot untuk membudidayakan tanaman ini, bahkan, ada yang menyediakan lahan khusus untuk membibitkan dan mengembangkan tanaman sirih merah ini. 
Sirih Merah Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
Sirih Merah
Selain bisa dijadikan sebagai tanaman hijau, sirih merah juga bagus untuk tanaman taman karena keindahan daunnya. Tapi, selain manfaat tersebut, sirih merah juga bisa di manfaatkan sebagai tanaman obat. Sudah sejak dulu sirih merah di pergunakan sebagai obat tradisional. Dari referensi yang saya baca, pada tanaman sirih merah mengandung senyawa flavonoid dan polivenol yang berfungsi sebagai antioksidan, antideabetik, antikanker, antiseptik dan antiinflamasi. 

Selain itu, senyawa alkoloid pada sirih merah juga dapat dimanfaatkan sebagai penghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Kandungan karvakol pada daun sirih merah bermanfaat sebagai desenfektan, dan anti jamur, sehingga berfungsi sebagai obat kumur dan obat keputihan. Kandungan senyawa eugenol berfungsi sebagai obat pereda nyeri atau analgetik. Kandungan tanin berfungsi sebagai penyembuh sakit perut khusunya diare dan juga dapat digunakan sebagai obat antiseptik pada luka.

Baca juga: Dolanan Anak: Permainan Tradisional Anak-Anak

Dengan berbagai macam manfaat dari sirih merah tersebut, tentunya bisa menjadi bahan pertimbangan untuk membudidayakannya. Bagi Anda yang ingin tahu lebih jauh tentang manfaat yang lain dan yang lebih spesifik, atau ingin tahu tentang bagaimana cara pengolahannya untuk di jadikan sebagai tanaman obat, bisa mencarinya di google, atau lewat buku-buku pengobatan. Mohon maaf dan terimakasih.

Advertisement

Post a Comment