Peluang Usaha Pengelolaan MCK

Awalnya saya kurang begitu ngeh saat mendengar cerita dari seorang kenalan, dia bercerita soal peluang bisnis pengelolaan MCK (Mandi, Cuci, Kakus). Tapi setelah agak lama berbincang, akhirnya saya menjadi terbuka wawasan mengenai peluang usaha pengelolaan MCK. Ya, dari perbincangan kami memang lebih kepada cerita pengelolaan MCK di pasar atau tempat keramaian lainnya.
Peluang Usaha Pengelolaan Tempat MCK
MCK Umum
Secara matematis, peluang usaha pengelolaan MCK memang sangat menguntungkan. Dengan bermodal tempat yang tak begitu luas, penghasilan bisa masuk banyak. Contoh perhitungannya adalah satu kali buang air kecil 1.000 rupiah, buang air besar 2.000 rupiah. Kalau dalam satu hari ada 75 orang buang ar kecil dan 25 orang buang air besar, maka hasilnya adalah:

Buang air kecil: 75 x 1000 = Rp. 75000,-
Buang air besar: 25 x 2000 = Rp. 50000,-
Total: 75000+50000= Rp. 125000,-

Dengan perkiraan rata-rata pengguna MCK 100 orang seperti contoh perhitungan diatas, maka hasil kotor perharinya adalah Rp. 100.000,-. Itu dengan asumsi harga dan pengguna yang demikian, kalau misalnya tarifnya lebih besar dan jumlah penggunanya juga lebih besar, maka bisa dikalikan sendiri berapa hasilnya.
MCK memang terkesan kurang menarik, tapi kalau dikelola dengan baik bisa jadi akan menjadi lahan bisnis yang sangat menguntungkan. Karena kalau orang sudah kebelet buang air, mau tak mau dia akan mencari tempat, dan MCK merupakan tempat yang tepat. Bagaimana pendapat Anda?.

Advertisement

Post a Comment