Manfaat Tanaman Ki Tolod Bagi Kesehatan ~ Tentang Ki Tolod

Pada postingan sebelumnya saya sudah menuliskan tentang tanaman sirih merah dan manfaatnya, dan sekarang saya mencoba sedikit menguraikan tentang tanaman yang bernama Ki Tolod. Dari nama tumbuhan ini memang terdengar agak aneh, tapi ternyata dibalik keanehan namanya tersebut, tanaman ini menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan.

Ki Tolod yang bernama latin Isotoma Langitflora adalah sejenis tumbuhan liar yang biasa tumbuh di pinggir saluran air, pinggir sungai, pematang sawah, sekitar pagar dan tempat-tempat lainnya yang lembab dan terbuka. Namun bagi yang sudah mengetahui manfaat dari tanaman ini, ada yang membudidayakan dengan menanam di dalam pot. 
Ki Tolod Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
Ki Tolod
Dari referensi yang saya baca, daun maupun bunganya dapat di manfaatkan untuk pengobatan, karena menurut penelitian, bunga segar kitolod untuk pengobatan mata mulai dari rabun, katarak bahkan mata minus dan plus. Bagian daun bisa di gunakan untuk obat sakit gigi, asma, bronkhitis, radang tenggorokan, dan obat luka. Sedangkan secara keseluruhan tanaman ini bisa di gunakan untuk pengobatan kanker.

Baca juga: Manfaat Tanaman Sirih Merah Bagi Kesehatan

Namun perlu di ingat bahwa ada cara penggunaan dan metode terntu untuk mengolah masing-msing bagian unuk pengobatan. Dan mungkin saja perlu kesabaran serta ketelatenan agar proses penyembuhan bisa berjalan maksimal. Anda bisa mencari buku petunjuk atau mencari referensi secara online lewat google tentang bagaimana mengolah an menggunakan ki tolod sebagai alternatif pengobatan seperti berbagai macam penyakit tersebut di atas. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Advertisement

Post a Comment