Tempat Wisata di Kabupaten Purbalingga

Purbalingga merupakan salah satu kabupaten yang secara administratif berada di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Ada banyak hal yang terkenal di Purbalingga, salah satunya adalah tempat wisata. Nah, di Purbalingga terdapat banyak tempat wisata, namun diantaranya yang terkenal adalah:

Owabong (Obyek Wisata Air Bojongsari)


Tempat Wisata di Kabupaten Purbalingga
Owabong / img: sukadi.net
Owabong adalah oyek wisata yang mungkin paling dikenal di Purbalingga, Obyek Wisata Air Bojongsari atau di singkat Owabong adalah sebuah obyek wisata air yang terletak di desa Bojongsari, Purbalingga, Jawa Tengah. Sumber mata air Owabong berasal dari Tuk Cidandang, Cipawon, dan Cikupel. Lokasi Owabong Jl. Raya Bojongsari No.1 Purbalingga, Jawa Tengah 53362. Telpon 0281-6596967, 0281-7617063.

Sanggaluri Park (Taman Reptil)


Tempat Wisata di Kabupaten Purbalingga
Pintu Masuk Sanggaluri Park / img: sukadi.net
Sanggaluri Park atau yang awalnya dikenal dengan Taman Reptil merupakan tempat wisata yang masih dalam satu manajemen dengan Owabong.  Sanggaluri merupakan kependekan dari Sanggar Luru Ilmu, atau tempat untuk mencari ilmu. Wahana yang ada antara lain: Reptile & Insect Park, Museum Uang, Museum Wayang & Artefak, Wahana Iptek, Rumah Prestasi, Rumah Boneka Lintang & Taman Aneka Buah, ada juga tempat bermain, dan saat ini sedang dilakukan penambahan wahana lain.

Alamat Sanggaluri Park : JL. Raya Kutasari Purbalingga
Telp : 0281 – 7664758, 0281 – 6599296

Purbasari Pancuran Mas


Tempat Wisata di Kabupaten Purbalingga
Pintu Masuk Purbasari Pancuran Mas / img: sukadi.net
Purbasari Pancuran Mas merupakan tempat wisata yang mempunyai ikon atau yang terkenal dengan ikan raksaksa yang lebih dikenal dengan nama Arapaima Gigas yang berasal dari sungai di Amazon. Awal dibukanya, Purbasari Pancuran Mas merupakan River World, namun saat ini sudah mengalami penambahan wahana, seperti taman burung dan unggas (bird park), taman air luncur (water boom), dan beberapa wahana lainnya. Lokasi Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas (PPM) terletak di Desa Purbayasa, Kec. Padamara, Purbalingga.

Selain tiga tempat wisata diatas, masih ada lokasi wisata lain yang terkenal di Purbalingga, diantaranya:
  • Desa Wisata Karangbanjar
  • Curug Silintang dan Silawang Purbalingga, obyek wisata berupa air terjun, lokasinya berada di Desa Tlahab, Kecamatan Karangreja, Purbalingga.
  • Gua Lawa, lokasinya di Desa Siwarak, Karangreja, kurang lebih berjarak 27 km dari Kota Purbalingga
  • Kolam Pemandian Walik, terletak di Desa Walik, Kecamatan Kutasari, Purbalingga.
  • Wana Wisata Serang Purbalingga.
  • Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman Purbalingga, terletak di Dukuh Rembang, Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Purbalingga.
Demikian beberapa tempat wisata yang berada di wilayah Kabupaten Purbalingga, semoga bermanfaat.

*)Sumber gambar dan informasi dari Sukadi.net

Advertisement

Post a Comment