Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kegiatan Atau Acara Pada Peringatan HUT RI (17 Agustusan)

Kurang dari satu bulan lagi akan memasuki bulan Agustus, itu artinya akan memasuki bulan yang penuh dengan kegiatan dan acara yang bernuansa kebangsaan. Ya, bukan rahasia lagi kalau tanggal 17 Agustus merupakan hari kemerdekaan Bangsa Indonesia, dan biasanya diperingati secara meriah.
Kegiatan Atau Acara Pada Peringatan HUT RI (17 Agustusan)
Karnaval 17 Agustus-an
Ada beberapa kegiatan atau acara yang sering dilakukan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan, diantaranya:

Upacara Bendera
Ini merupakan kegiatan yang hampir pasti selalu ada, upacara bendera dilakukan pada pagi hari saat tanggal 17 agustus, dan biasanya di sore harinya dilakukan upacara penurunan bendera.

Kerja bakti
Kegiatan yang sering digelar pada bulan agustus diantaranya kerja bakti bersih-bersih lingkungan, pemasangan bendera, pengecatan pagar, dan acara lain yang terkait dengan semangat kebersamaan dan suka cita.

Lomba  
Lomba-lomba dalam rangka peringatan HUT RI hampir selalu ada. Banyak perlombaan yang digelar untuk memeriahkan hari kemerdekaan, baik itu lomba untuk anak-anak maupun orang dewasa. Biasanya jenis lomba tradisional masih menjadi favorit, karena selain lebih murah, keceriaan dan kemeriahannya lebih terasa, misal: balap karung, panjat pinang, tarik tambang, dan lain sebagainya.

Selamatan/ tirakatan
Acara selamatan atau tirakatan biasanya digelar pada tanggal 16 malam 17 agustus. Kalau didaerah saya, biasanya ada tirakatan, dengan berbagai macam hidangan yang memang dipersiapkan khusus untuk acara ini.

Karnaval/ Pawai
Untuk lebih menyemarakkan peringatan HUT kemerdeaan RI, acara pawai atau karnaval diadakan. 

Pentas seni
Meski sudah semakin jarang, namun pentas seni masihlah menjadi salah satu acara yang menjadi ciri khas peringatan 17-an. Berbagai jenis kesenian dipentaskan, baik itu kesenian tradisional seperti wayang kulit, ketoprak, wayang orang, dan sebagaianya. Bahkan, saat ini juga sudah sering ditemui kesenian modern yang menjadi pengisi acara dalam rangka peringatan hari proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Demikian beberapa kegiatan atau acara yang digelar untuk memperingati hari kemerdekaan bangsa Indonesia. Selain kegiatan atau acara diatas, tentu saja masih banyak acara lainnya. 

2 comments for "Kegiatan Atau Acara Pada Peringatan HUT RI (17 Agustusan)"