Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seni Tari Dan Melestarikan Warisan Budaya

Bukan rahasia lagi kalau Indonesia adalah negeri yang kaya akan warisan budaya, mulai dari kesenian maupun warisan budaya lainnya, dan di antara sekian banyak warisan budaya, seni tari adalah salah satunya.Masing-masing daerah mempunyai ciri tersendiri, dan masing-masing tarian mengandung maksud atau pesan yang berbeda pula.
Seni Tari Dan Melestarikan Warisan Budaya
Tari merupakan gerak tubuh secara berirama berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Untuk mengatur gerakan penari dan memperkuat maksud yang ingin disampaikan, maka tari di iringi dengan bunyi-bunyian yang disebut musik pengiring tari. Ada beberapa golongan tari berdasarkan jenisnya: tari rakyat, tari klasik, dan tari kreasi baru.

Dalam perkembangannya, seni tari tradisional mengalami sedikit penurunan dari peminat, dalam artian bahwa kesenian tradisional warisan budaya bangsa ini sudah mulai ditinggalkan. Generasi sekarang makin sedikit yang melestarikan, sehingga keberadaan seni tari sudah mulai "mengkhawatirkan". Saya merasa salut dengan mereka yang masih mau belajar dan mempertahankan eksistensi kesenian tradisional dan budaya Indonesia pada umumnya.

Jangan sampai bangsa lain merasa lebih mencintai dan merasa lebih meiliki, atau bahkan merasa bahwa budaya kita adalah milik mereka. Di tengah perkembangan jaman yang kian tak berbatas, semoga saja warisan budaya Indonesia tetap lestari, meski jaman terus berkembang, tapi warisan nenek moyang ini harus terjaga sebagai bukti kebesaran Bangsa Indonesia.

1 comment for "Seni Tari Dan Melestarikan Warisan Budaya"

  1. Semua bentuk kesenian sebisa mungkin harus tetap dilestarikan, karena merupakan warisan budaya.. jangan sampai punah atau di klaim negara lain

    ReplyDelete