Wednesday, June 5, 2013

Pelaksanaan Kirab Budaya

Saya percaya, mungkin sudah banyak yang tahu atau minimal pernah mendengar istilah Kirab Budaya. Ya, sebuah acara yang melibatkan banyak orang, dalam suatu rangkaian upacara/acara, dengan mengusung tema adat, keagamaan dan yang lainnya. Ada yang benar-benar masih murni sebagai sebuah rutinitas, ada yang sebagai sarana promosi, tapi ada juga yang sekedar seremoni belaka.
Pelaksanaan Kirab Budaya
Kirab Budaya
Biasanya, acara kirab budaya ini di laksanakan saat ulang tahun kabupaten/kota, seperti napak tilas budaya berdirinya kabupaten/kota tersebut. Gambar di atas saya ambil ulang dari koran Suara Merdeka, gambar saat acara kirab pusaka di Kabupaten Banyumas, dalam rangka memperingati hari jadi Banyumas ke-430, pada tanggal 5 April yang lalu.

Di tengah perkembangan jaman yang kian pesat, penyelenggaraan kirab budaya di rasa sangat penting, diluar konteks maksud yang dikandung oleh penyelenggara, keberadaan acara kirab bisa memberi hiburan sekaligus pengenalan kepada generasi sekarang khususnya tentang warisan budaya yang perlu di lestarikan. Karena tidak dipungkiri, mulai banyak yang sudah mulai lupa akan sejarah dan budaya bangsanya.

0 komentar:

Post a Comment