Pasar Malam dan Hiburan Rakyat

Hidup dijaman yang serba modern ini, segala sesuatu lambat laun mengikuti perkembangan, tak hanya soal teknologi, tapi juga gaya hidup, dan juga soal hiburan. Banyaknya alternatif hiburan yang modern membuat hiburan rakyat yang tradisional lambat laun mulai terpinggirkan. Ya, salah satu hiburan rakyat yang ada adalah pasar malam.
Hiburan Rakyat, Pasar Malam
Suasana di pasar malam
Pasar Malam, mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Tempat hiburan rakyat yang menyajikan berbagai macam permainan dan juga aneka dagangan. Semua tersaji dalam kemeriahan, dalam suasana malam yang hingar dan penuh keceriaan. Ada ciri khas berupa permainan-permainan untuk anak-anak dan juga dagangan yang digelar membuat pasar malam menjadi khas dan mudah dikenali.

Dulu, pasar malam menjadi hiburan yang banyak di nantikan, karena memang inilah hiburan yang paling bisa memberi alternatif, terutama di daerah pedesaan, karena hiburan kala itu tak seperti sekarang ini. Kini, seiring perjalanan waktu, perlahan semua mulai terkikis, tergantikan hiburan yang lebih instan, bahkan hiburan yang modern dan lebih "mahal".

Mungkin saja semua "sudah waktunya", di tengah perkembangan jaman, bukan hanya hiburan rakyat seperti pasar malam saja yang mulai terkikis dan terpinggirkan, sama halnya dengan kesenian tradisional. Entah sampai kapan akan bertahan, hanya saja harapan untuk terus eksis harus terus terjaga, bagaimanapun juga inilah salah satu ciri Indonesia, temasuk dalam kekayaan budaya.

Advertisement

Post a Comment