Lambang Provinsi Riau Dan Nama Kabupaten/ Kota Di Provinsi Riau

Provinsi Riau adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera. Pembentukan Provinsi Riau ditetapkan dengan Undang-Undang Darurat Nomor 19 Tahun 1957. Kemudian diundangkan dalam Undang-Undang Nomor 61 Tahun 1958. Luas Wilayah Provinsi Riau adalah 107.932,71 Km2 yang membentang dari lereng Bukit Barisan hingga Selat Malaka.

Lambang Provinsi Riau

Provinsi Riau mempunyai lambang berbentuk perisai yang tepinya terdapat tangkaian mata rantai berjumlah 45 buah. Didalamnya terdapat lukisan padi, kapas, gelombang laut, perahu lancang kuning, dan keris.

Rangkain 45 buah mata rantai melambangkan tahun kemerdekaan RI. Padi dan kapas simbol kesejahteraan rakyat. Gelombang laut berjumlah lima melambangkan Pancasila sebagai dasar negara RI. Perahu lancang kuning melambangkan semangat rakyat Riau dalam mencari hasil laut yang melimpah ruah. Keris berhulu kepala burung Serindit melambangkan kepahlawanan rakyat Riau nerdasarkan kebenaran dan kebijaksanaan.

Secara administratif, Provinsi Riau terdiri atas 12 kota/kabupaten dengan Kota Pekanbaru sebagai ibu kotanya. Berikut daftar kabupaten/ kota yang berada di Provinsi Riau:
  1. Kabupaten Bengkalis
  2. Kabupaten Indragiri Hilir
  3. Kabupaten Indragiri Hulu
  4. Kabupaten Kampar
  5. Kabupaten Kuantan Singingi
  6. Kabupaten Pelalawan
  7. Kabupaten Rokan Hilir
  8. Kabupaten Rokan Hulu
  9. Kabupaten Siak
  10. Kabupaten Kepulauan Meranti
  11. Kota Dumai
  12. Kota Pekanbaru
Demikian sekilas tentang Provinsi Riau, tentang lambang provinsi Riau dan juga pembagian kota/ kabupaten di Provinsi Riau, semoga bermanfaat.

Advertisement

Post a Comment