Tuesday, May 14, 2013

Nama Kabupaten Kota Di Provinsi Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan, terletak pada posisi 1⁰-4⁰ LS dan 114⁰-117⁰ BT. Dengan surat keputusan No. 2 Tahun 1989 tanggal 31 Mei 1989, DPRD Kalimantan Selatan menetapkan 14 Agustus 1950 sebagai Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan. Tanggal 14 Agustus 1950 melalui Peraturan Pemerintah RIS No. 21 Tahun 1950, merupakan tanggal dibentuknya provinsi Kalimantan, setelah pembubaran Republik Indonesia Serikat (RIS), dengan gubernur Dokter Moerjani.

Nama kabupaten/ kota di Provinsi Kalimantan Selatan
Provinsi Kalimantan Selatan mempunyai lambang berbentuk perisai, di dalamnya terdapat lukisan bintang, rumah, intan, padi, pohon karet, dan pita putih.

Gambar bintang dengan sinar kemilau melambangkan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Rumah Banjar melambangkan kebudayaan tinggi. Intan melambangkan kemakmuran, padi dan karet melambangkan mata pencaharian rakyat Kalimantan Selatan. Pita putih melambangkan kejujuran dalam bertutur kata, kelakuan serta tabiat, kebijaksanaan juga sikap setia kawan. Didalam perisai tersebut terdapat semboyan Waja Sampai Kaputing yang artinya “tetap bersemangat dan kuat bagaikan baja dari awal sampai akhir”.

Nama kabupaten/ kota di Provinsi Kalimantan Selatan
Peta Provinsi Kalimantan Selatan / sejarahdaerahulun.blogspot.com
Provinsi Kalimantan Selatan mempunyai 11 kabupaten dan 2 kota, ibu kotanya adalah Banjarmasin. Berikut daftar kabupaten dan/atau kota di Kalimantan Selatan:
  1. Kabupaten Balangan 
  2. Kabupaten Banjar 
  3. Kabupaten Barito Kuala 
  4. Kabupaten Hulu Sungai Selatan 
  5. Kabupaten Hulu Sungai Tengah 
  6. Kabupaten Hulu Sungai Utara 
  7. Kabupaten Kotabaru 
  8. Kabupaten Tabalong 
  9. Kabupaten Tanah Bumbu 
  10. Kabupaten Tanah Laut 
  11. Kabupaten Tapin 
  12. Kota Banjarbaru 
  13. Kota Banjarmasin

0 komentar:

Post a Comment