Wisata Ke Candi Gedong Songo

Wisata Ke Candi Gedong Songo Bersama Teman-Teman
Sudah lima tahun lebih saya "berpisah" dengan teman-teman kerja di Klaten, kebetulan akhir tahun 2007 kontrak kerja kami berakhir. Meski hanya setahun bekerjasama, namun banyak cerita yang bisa jadi bahan pengingat, diantaranya waktu pergi bareng-bareng ke Pantai Parang Tritis, BKK, Pantai Depok di Yogyakarta. Serta kenangan lainnya adalah waktu pergi ke Candi Gedong Songo, kebetulan waktu itu pakai acara menginap semalam di Bandungan.

Pada saat pergi ke Bandungan dan Gedong Songo (09-06-2007), kami berangkat dari Klaten selepas sholat jum'at, seperti konvoi, kami berboncongan dengan menggunakan sepeda motor. Kebetulan jarak tempuh dari Klaten sampai lokasi tidak jauh-jauh amat.

Mengenai Candi Gedong Songo, berikut ini sekelumit tentang candi tersebut yang saya kutip dari wikipedia:
Candi Gedong Songo adalah nama sebuah komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia tepatnya di lereng Gunung Ungaran. Di kompleks candi ini terdapat sembilan buah candi.

Candi ini diketemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (tahun 927 masehi).

Candi ini memiliki persamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo. Candi ini terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udara disini cukup dingin (berkisar antara 19-27 °C)

Lokasi 9 candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran ini memiliki pemandangan alam yang indah. Selain itu, obyek wisata ini juga dilengkapi dengan pemandian air panas dari mata air yang mengandung belerang, area perkemahan, dan wisata berkuda.
Meski baru sekali kesana, namun kesan mengenai keindahan dan kebersamaan dengan teman-teman cukup membuat senang. Perjalanan kami tempuh dari Klaten dengan sepeda motor, cukup lumayan jauh namun tak dirasa karena memang niatnya ingin refreshing.

Advertisement

Post a Comment