Pembagian Daerah Waktu Di Indonesia

Wilayah di Indonesia merupakan wilayah yang sangat luas dan terbentang dari Sabang sampai Merauke. Indonesia adalah negara kepulauan yang terbagi menjadi 34 provinsi, karena letak geografis masing-masing pulau, maka pembagian waktu untuk masing-masing wilayah menjadi berbeda. Indonesia terbagi menjadi tiga daerah waktu, yaitu:
Pembagian Zona Waktu di Indonesia (img source: tanbihun.com)
1. Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB)
Acuan waktu yang digunakan adalah pada garis bujur 105⁰ Bujur Timur. Wilayah yang masuk dalam WIB adalah: Pulau Sumatera, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Pulau Jawa, Pulau Madura, dan pulau-pulau kecil disekitarnya. (UTC+7).

2. Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA)
Acuan waktu yang digunakan adalah pada garis bujur 120⁰ Bujur Timur. Wilayah yang masuk dalam WITA adalah: Pulau Sulawesi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan pulau-pulau kecil disekitarnya. (UTC+8).

3. Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT)
Acuan waktu yang digunakan adalah pada garis bujur 135⁰ Bujur Timur. Wilayah yang masuk dalam WIT adalah: daerah Pulau Papua dan Kepulauan Maluku. (UTC+9).

Penjelasan lain mengenai selisih waktu di 3 zona waktu tersebut dengan Greenwich adalah:

  • WIB mempunyai selisih waktu 7 jam lebih awal dari GMT. Jadi, apabila di Jakarta pukul 07.00 WIB pagi maka di Greenwich pukul 00.00 GMT dini hari.
  • WITA mempunyai selisih waktu 8 jam lebih awal dari GMT. Jadi, apabila di Mataram pukul 08.00 WITA pagi maka di Greenwich pukul 00.00 GMT dini hari.
  • WIT mempunyai selisih waktu 9 jam lebih awal dari GMT. Jadi, apabila Ambon pukul 09.00 WIT pagi maka di Greenwich Pukul 00.00 GMT dini hari.


Greenwich Mean Time atau GMT adalah rata-rata waktu surya seperti yang dilihat dari Royal Greenwich Observatory, yang terletak di Greenwich, London, Inggris, yang melalui konvensi dikenal terletak di 0⁰ garis bujur.
Dengan zona waktu yang berbeda-beda untuk masing-masing wilayah, maka akan terjadi selisih waktu satu jam antara daerah waktu yang satu dengan yang lainnya. Contoh, Jakarta pukul 06.00 WIB, maka di Mataram pukul 07.00 WITA, dan di Ambon pukul 08.00 WIT.

Sebagai tambahan informasi, Anda bisa mengunjungi web http://localtimes.info untuk informasi waktu di seluruh dunia, atau http://localtimes.info/Asia/Indonesia/ untuk informasi waktu di wilayah Indonesia. Disana juga tersedia widget jam atau selisih waktu antar wilayah yang bisa dipasang di blog atau website. Terimakasih

2 komentar

Tempat saya waktu indonesia paling pojok sendiri...

Reply

Selisih waktu satu jam dan dua jam dari wilayah satu dan lainnya. Saya tinggal di daerah WIB, selisih satu jam dengan wilayah WIT dan WITA :)

Reply

Post a Comment